Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika
Skripsi
merupakan salah satu syarat untuk mendapat gelar kesarjanaan. Oleh karena itu,
setiap mahasiswa semester akhir pasti akan disibukkan dengan menyusun skripsi.
Sebelum memulai menyusun skripsi, hal pertama yang harus dibuat adalah menyusun
proposal skripsi dan setelah proposal skripsi di setujui maka langkah
selanjutnya baru kemudian mulai menyusun skripsi.
Banyak mahasiswa yang harus mengulang /
mengganti proposal skripsi yang mereka ajukan, dan tentu saja ini
sangat memakan waktu. Oleh karena itu, peran proposal skripsi sangat penting.
Seperti halnya proposal penelitian, proposal skripsi juga harus memuat segala
hal tentang apa yang akan diteliti secara ringkas dan padat. Sehingga dengan
membaca proposal skripsi tersebut dosen pembimbing kita bisa tahu kemana arah
penelitian skripsi kita nantinya. Berikut contoh proposal skripsi Teknik
Informatika.
PROPOSAL SKRIPSI
APLIKASI GAME VIRTUAL KARTU KEJUJURAN
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
BAB I
PENDAHULUAN
• 1.1. Latar
Belakang Masalah
Perkembangan
teknologi akhir-akhir ini sangat pesat, terutama dalam bidang komputer.
Kecanggihan teknologi saat ini dapat mensimulasikan perangkat-perangkat diluar
komputer, dan disimulasikan kedalam komputer dalam bentuk virtual.
Game atau
permainan di dalam komputer sebagian juga merupakan simulasi dari bentuk-bentuk
nyata dalam kehhidupan manusia. Pada tahun 1965 game pertama kali diciptakkan
sebagai simulasi untuk tentara militer belajar strategi perang di tengah
situasi perang dingin. Kemudian pada tahun 1970, dikembangkan menjadi video
game komersil pertama, yaitu mesin Magnvox sebagai objek
hiburan. Sejak saat itu, game menjadi objek hiburan yang menarik.
Perkembangan game saat
ini sangat pesat, terdapat banyak sekali game yang dapat
dimainkan di dalam komputer, baik dari game yang sederhana
sampai game yang cukup rumit dalam pembuatannya.
Kartu
adalah alat permainan yang dapat dimainkan oleh siapa saja baik anak-anak
maupun dewasa, tergantung jenis kartu yang dipilih. Kartu anak-anak misalnya,
banyak sekali jenis dan cara permainan kartu anak-anak yang dapat dimainkan.
Banyak pula kartu permainan anak-anak yang menyajikan banyak pilihan warna dan
gambar yang menarik. Dan itu semua ada beberapa yang disimulaisikan ke dalam
permainan kartu yang ada di komputer. Sehingga anak-anak tidak perlu membelinya
dan mencari teman untuk bermain kartu tersebut.
Kartu
Kejujuran, kartu ini adalah salah satu kartu permainan anak-anak yang
dapat pula dijadikan sebagai alat pembelajaran karakter bagi anak-anak. Karena
Kartu Kejujuran ini masih langka dan belum beredar secara luas. Oleh sebab itu
maka penyusun bermaksud untuk membuat sebuah aplikasi gameKartu
Kejujuran yang dapat dimainkan disebuah komputer.
• 1.2.
Rumusan Permasalahan
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
Bagaimana
membuat Game Virtual Kartu Kejujuran sebagai sarana
permainan yang menarik dan saat dimainkan seperti kartu yang sesungguhnya?
• 1.3.
Batasan Permasalahan
Agar
dalam pembahasan nantinya tidak panjang lebar, maka penulis membatasi beberapa
masalah yang akan dibahas, diantaranya:
Pembuatan game menggunakan
macromedia Flash 8.
Game
ini tidak bisa dimainkan lebih dari 4 orang dalam waktu yang bersamaan.
• 1.4.
Tujuan Penelitian
Tujuan
dari penelitian ini adalah:
Membangun
aplikasi game Virtual kartu Kejujuran yang dimainkan dalam
komputer.
Mempelajari
teknik-teknik pembuatan game Kartu Kejujuran menggunakan
Macromedia Flash 8.
• 1.5.
Manfaat Penelitian
Manfaat
dari penelitian ini antara lain:
Bagi
Mahasiswa :Melatih mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang
diperoleh di bangku kuliah.
Bagi
Universitas :Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa
sumbangan ilmu pengetahuan.
Bagi
Masyarakat Umum :Penelitian ini dapat dijadikan sebagai hiburan yang dimainkan
dalam komputer.
• 1.6
Sistematika Penulisan
Sistematika
penulisan diperlukan untuk memahami isi dari penulisan skripsi.
• BAB
II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI
Bab ini
menerangkan tentang tinjauan pustaka dari laporan-laporan yang telah ada
sebelumnya dan teori-teori tentang pembuatan game.
• BAB
III METODE PENELITIAN
Bab ini
mendeskripsikan tentang subyek penelitian, metode penelitian yang digunakan,
perangkat penelitian dan pembangunan system yang dibuat.
• BAB
IV PEMBAHASAN
Bab ini
menjelaskan tentang deskripsi dan analisi, desain sistem, implementsi dan
pembahasan, tampilan program serta pengujian sistem.
• BAB
V PENUTUP
Bab ini
merupakan bab terakhir yang berisi tentang kesimpulan serta saran dari
penyusun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar