Selasa, 01 Juli 2014

Contoh Proposal Skripsi

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika
                Skripsi merupakan salah satu syarat untuk mendapat gelar kesarjanaan. Oleh karena itu, setiap mahasiswa semester akhir pasti akan disibukkan dengan menyusun skripsi. Sebelum memulai menyusun skripsi, hal pertama yang harus dibuat adalah menyusun proposal skripsi dan setelah proposal skripsi di setujui maka langkah selanjutnya baru kemudian mulai menyusun skripsi.

Banyak mahasiswa yang harus mengulang / mengganti proposal skripsi yang mereka ajukan, dan tentu saja ini sangat memakan waktu. Oleh karena itu, peran proposal skripsi sangat penting. Seperti halnya proposal penelitian, proposal skripsi juga harus memuat segala hal tentang apa yang akan diteliti secara ringkas dan padat. Sehingga dengan membaca proposal skripsi tersebut dosen pembimbing kita bisa tahu kemana arah penelitian skripsi kita nantinya. Berikut contoh proposal skripsi Teknik Informatika.

PROPOSAL SKRIPSI
APLIKASI GAME VIRTUAL KARTU KEJUJURAN
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
BAB I
PENDAHULUAN
 
       1.1.  Latar Belakang Masalah
                Perkembangan teknologi akhir-akhir ini sangat pesat, terutama dalam bidang komputer. Kecanggihan teknologi saat ini dapat mensimulasikan perangkat-perangkat diluar komputer, dan disimulasikan kedalam komputer dalam bentuk virtual.
               
                Game atau permainan di dalam komputer sebagian juga merupakan simulasi dari bentuk-bentuk nyata dalam kehhidupan manusia. Pada tahun 1965 game pertama kali diciptakkan sebagai simulasi untuk tentara militer belajar strategi perang di tengah situasi perang dingin. Kemudian pada tahun 1970, dikembangkan menjadi video game komersil pertama, yaitu mesin Magnvox sebagai objek hiburan. Sejak saat itu, game menjadi objek hiburan yang menarik.
               
                Perkembangan game saat ini sangat pesat, terdapat banyak sekali game yang dapat dimainkan di dalam komputer, baik dari game yang sederhana sampai game yang cukup rumit dalam pembuatannya.
                Kartu adalah alat permainan yang dapat dimainkan oleh siapa saja baik anak-anak maupun dewasa, tergantung jenis kartu yang dipilih. Kartu anak-anak misalnya, banyak sekali jenis dan cara permainan kartu anak-anak yang dapat dimainkan. Banyak pula kartu permainan anak-anak yang menyajikan banyak pilihan warna dan gambar yang menarik. Dan itu semua ada beberapa yang disimulaisikan ke dalam permainan kartu yang ada di komputer. Sehingga anak-anak tidak perlu membelinya dan mencari teman untuk bermain kartu tersebut.
                Kartu Kejujuran, kartu ini adalah salah satu kartu permainan anak-anak  yang dapat pula dijadikan sebagai alat pembelajaran karakter bagi anak-anak. Karena Kartu Kejujuran ini masih langka dan belum beredar secara luas. Oleh sebab itu maka penyusun bermaksud untuk membuat sebuah aplikasi gameKartu Kejujuran yang dapat dimainkan disebuah komputer.
       1.2.  Rumusan Permasalahan
                Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
                Bagaimana membuat Game Virtual Kartu Kejujuran sebagai  sarana permainan yang menarik dan saat dimainkan seperti kartu yang sesungguhnya?
       1.3.  Batasan Permasalahan
                Agar dalam pembahasan nantinya tidak panjang lebar, maka penulis membatasi beberapa masalah yang akan dibahas, diantaranya:
                Pembuatan game menggunakan macromedia Flash 8.
                Game ini tidak bisa dimainkan lebih dari 4 orang dalam waktu yang bersamaan.
       1.4.  Tujuan Penelitian
                Tujuan dari penelitian ini adalah:
                Membangun aplikasi game Virtual kartu Kejujuran yang dimainkan dalam komputer.
                Mempelajari teknik-teknik pembuatan game Kartu Kejujuran menggunakan Macromedia Flash 8.
       1.5.  Manfaat Penelitian
                Manfaat dari penelitian ini antara lain:
                Bagi Mahasiswa :Melatih mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh di bangku kuliah.
                Bagi Universitas :Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa sumbangan ilmu pengetahuan.
                Bagi Masyarakat Umum :Penelitian ini dapat dijadikan sebagai hiburan yang dimainkan dalam komputer.
       1.6 Sistematika Penulisan
                Sistematika penulisan diperlukan untuk memahami isi dari penulisan skripsi.
       BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI
                Bab ini menerangkan tentang tinjauan pustaka dari laporan-laporan yang telah ada sebelumnya dan teori-teori tentang pembuatan game.
       BAB III METODE PENELITIAN
                Bab ini mendeskripsikan tentang subyek penelitian, metode penelitian yang digunakan, perangkat penelitian dan pembangunan system yang dibuat.
       BAB IV PEMBAHASAN
                Bab ini menjelaskan tentang deskripsi dan analisi, desain sistem, implementsi dan pembahasan, tampilan program serta pengujian sistem.
       BAB V PENUTUP
                Bab ini merupakan bab terakhir yang berisi tentang kesimpulan serta saran dari penyusun.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar