Rabu, 01 Mei 2013

Resume Struktur Pasar


Pasar adalah tempat untuk melakukan proses jual beli barang atau jasa,di dalam pasar juga terdapat proses tawar menawar antara pedagang dan pembeli
Struktur Pasar adalah penggolahan produsen kepada beberapa pasar berdasarkan ciri-ciri jenis produk yang dihasilkan, banyak dalam indutri mudah tidaknya keluar masuk kedalam industri & peranan iklan dalam kegiatan indusrti.


a. Jenis jenis pasar di antaranya 
- Pasar tradisional.
- Pasar raya.
- Pasar abstrak.
- Pasar konkrit.
- dst.

b. Sedangkan berdasarkan jenis barang yang dijual, yaitu:

- Pasar ikan.
- Pasar sayuran.
- Pasar buah-buahan.
- Pasar barang elektronik.
- Pasar barang perhiasan.
-dst.

Struktur Pasar terdiri dari :
- Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.

Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah :
a. Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
b. Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
c. Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
d. Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
e. Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
f. Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).

Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh adanya satu penjual/produsen dipasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli atau konsumen.
Ciri-ciri dari pasar monopoli :
1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
2. Tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute).
3. Produsen memiliki kekuatan menetukan harga.
4. Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar